Ketakutan Hanya Ada di Pikiran



Saat ingin melakukan sesuatu, apakah kita pernah merasakan semacam perasaan takut bahwa hasilnya akan tidak sesuai dengan yang diharapkan? Gua sering begitu, menimbang banyak keputusan terbaik, terus dipikirin sampe kadang ujung-ujungnya ga jadi dilaksanain saking takutnya menghadapi kemungkinan terburuk. 

Ada beberapa kejadian akhir-akhir ini yang membuat gua berpikir bahwa sebaiknya memang "jalankan dulu dengan keyakinan penuh dan usaha terbaik, sisanya serahkan pada Allah." Guess what? Apa yang gua pikirin bakal buruk, ternyata hasilnya malah di luar dugaan, alias baik. Contohnya dalam hal pekerjaan. Gua diminta membuat laporan yang luar biasa melelahkan, berbelit-belit, dan membingungkan. Laporan itu jauh dari kata sempurna, dan yang ada di pikiran cuma "gagal, gagal, gagal". Gua takut banget hasilnya ditolak atasan. Saat deadline, gua cuma bisa berharap ga akan dipecat. Ternyata... laporan gua cuma perlu direvisi sedikit, tanpa embel-embel makian dan semacamnya. Wow... tentu saja ini membuat perasaan gua plong, dan meruntuhkan semua ketakutan yang ada.

Ketakutan itu hanya ada di dalam pikiran semata.

Mungkin ada faktor keberuntungan yang membuat itu semua terjadi, tapi gua percaya kalo kita melakukan sesuatu dengan keyakinan penuh dan memberikan usaha terbaik, hasilnya pun akan baik. Jika gagal... teruslah dicoba hingga menjadi berhasil. Kalau Kolonel Sanders (pendiri Kentucky Fried Chicken) menyerah saat ditolak 1.009 kali saat menawarkan resep ayam gorengnya ke restoran, mungkin kita ga akan merasakan nikmatnya ayam goreng KFC saat ini. See? Biasanya mental block-lah yang menghalangi kita untuk bergerak maju. (terkait mental block, bisa dilihat postingan sebelumnya Mental Block). 

Tidak semua keburukan yang kita bayangkan akan terjadi benar-benar terjadi, untuk itu hanya perlu kekuatan untuk maju dan melakukan yang terbaik. Ingat, kalau kita menanamkan ketakutan akan gagal pada alam bawah sadar, maka hasilnya hidup kita akan dipenuhi dengan ketakutan akan gagal.

Have no fear dan buktikan kita adalah pribadi yang terbaik.

-Bray-

Note: Lagu milik X Ambassadors yang "Renegades" mengiringi penulisan artikel ini. Ada frase "have no fear" yang gua comot dari liriknya untuk dijadiin tema penulisan.

2 comments

  1. yeaah.. terkadang ketakutan-ketakutan itu karena fikiran kita sendiri, padahal aslinya kehidupan ini tak semengerikan apa yg kita fikirkan yaa
    nice bray! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bro, kekuatan pikiran emang kuat banget nyetir kita mau jadi apa, dan biasanya justru orang jadi males maju kalo udah diblok dulu sama ketakutan-ketakutan yg ada. :-)

      Delete

 
Powered by Blogger.