Renungan Singkat Untuk Disimak



pagi hari_keberkahan_islampos
Image source: here

Terkadang kita dihadapkan dengan kenyataan bahwa segala sesuatu berjalan tidak sesuai dengan keinginan kita. Kita menginginkan pendidikan yang sesuai dengan minat, namun kondisi finansial tidak mendukung, atau pertentangan dari orangtua. Contoh lain: kita menginginkan pekerjaan bagus, namun kenyataannya pekerjaan kita jauh dari "sejahtera". Masih banyak contoh lain. Itu wajar. 

Manusia selalu diuji oleh Allah SWT dengan berbagai cara, yang bahkan tidak kita sadari. Apa yang kita kira buruk belum tentu buruk. Siapa tahu di balik keburukan itu Allah menginginkan kita untuk ikhlas, bangkit, dan lebih mendekatkan diri pada-Nya. Kebalikannya, apa yang kita kira baik belum tentu baik secara keseluruhan. Tetap saja ada ujian di balik itu semua.

Baca juga: Sudahkah Kita Berterima Kasih?

Sekarang permasalahannya adalah: mampukah kita mencerna makna di balik semua hal yang terjadi pada diri pribadi? Itulah tantangannya. Mulailah merenung. Cobalah luangkan waktu sejenak untuk memikirkan kenapa nasib buruk selalu menaungi kita, atau jika keberuntungan selalu terjadi pada kita, sudahkah kita bersyukur? Jangan-jangan selama ini kita tidak pernah mensyukuri kenikmatan yang kita alami? Jangan-jangan kita selalu berpikir bahwa kesuksesan yang ada sepenuhnya akibat kerja keras kita, tanpa campur tangan pihak lain? Hati-hati, kita akan terjerumus ke dalam jurang kesombongan jika begitu.

Baca juga: Ayo Menolong Dengan Ikhlas

Ingatlah bahwa Allah selalu menjadikan segala sesuatu demi kebaikan kita. Mungkin kebaikan tersebut tidak kita terima saat ini, melainkan nanti, atau diterima oleh pihak lain yang berhubungan dengan kita. Semua sudah diatur, jadi mari renungkan. Jangan bersedih jika tertimpa masalah. Justru masalah tersebut yang membuat kita seharusnya menjadi manusia yang lebih baik. Apalagi jika kita selalu ikhlas menerima semuanya dan berjuang demi kehidupan yang lebih baik.

Ikhlas. Bersyukur. Berjuang. Hidup hanya sekali, mari pergunakan dengan sebaik mungkin.

-Bray-


Note: Lagu Matt Nathanson yang "Come On Get Higher" mengiringi penulisan ini. Nice song.


Image source: here

No comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger.